Minggu, 27 Mei 2012

Belajar sedikit dari Romo Mangun...

Yeahhh..setelah sekian lama vakum dari pengelolaan blog ini karena kesibukan dan bebagai agenda lain serta harus mengelola blog organisasi yang lain. akhirnya aku kembali untuk menulis disini...


"kamu dikenang karena kamu menulis..." entah kata-katanya siapa ya?? aku lupa...coba anda cari sendiri di google, terkenal kok...

sedikit pengantar semangatku untuk nulis sekan terbangun kembali setelah iseng-iseng mencari-cari materi dengan keyword ajaran romo mangun. Romo mangun?? siapa dia?? orang kebanyakan pasti akan tau siapakah dia, banyak orang mengenal beliau sebagai arsitek, pastor katholik, tokoh lintas agama, maupun pemerhati sosial dan pendidikan, mau tahu biografinya?silakan mencari di internet sudah banyak sekali yang bercerita dan menulis mengenai beliau...search aja dengan keyword romo mangunwijaya..

Beberapa hal yang menajadi sorotan dari tulisan yang saya baca kemudian saya sarikan adalah peran beliau sebagai tokoh pendidikan..



Apa sih sumbangsih beliau untuk pendidikan? salah satu pemikiran beliau adalah mengenai pendidikan multikultur dan pendidikan yang memerdekakan.

Pendidikan multikultur menjadi sangat penting dewasa ini, karena berbagai persoalan hidup yang menggangu ketentraman bernegera dan berbangsa di Indonesia. Banyak terjadi perpecahan dimana-mana, banyak tawuran antar pelajar.dll. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras sudah seharusnya mengembangkan pendidikan model ini. Pendidikan multikultur ini mengajarkan bagaimana kita hidup sebagai warga negara yang baik, mengajarkan toleransi antar agama suku dan budaya. sebagai contoh, saya yakin anda juga tahu pendidikan agama di Indonesia saat ini sudah dikotak-kotakkan, Orang yang beragama Islam hanya belajar Islam, orang yang beragama katholik hanya belajar agama katholik...hal ini justru akan memunculkan suatau pemahaman yang kurang baik terhadap ajaran agama lain, kekurang pahaman inilah yang nantinya akan memicu perpecahan.. Kenapa di Indonesia masih banyak konflik dan negara Indonesia tidak akan lepas dari konflik agama?? karena didalamnya masih banyak orang fanatik. Masih banyak orang yang berfikiran bahwa agamanya paling baik...Menurut romo mangun, fanatisme itu campuran kepicikan dan ketakutan yang dilengkapi rasa minder.  multikultur bukan hanya soal agama saja yah, hanya saja saya disini mencontohkannya sebagai agama karena paling gampang terlihat dan tampak nyata... 

Kenapa kita tidak belajar mengenai religiusitas saja, mejadi orang beragama berarti hanya mengikuti ritual-ritual, kebiasaan agama tertentu, menjadi orang religius adalah gerakan hati nurani pribadi mengimani dan melakukan ajaran terseut ke dalam kehidupan nyata. Religiusitas lebih dalam dari agama yang tampak, formal, dan resmi.

Dan Agama? Untuk apa agama bila selalu memihak para penguasa, menganaktirikan mereka yang lemah, mendukung kaum kapitalis dan kolonial. Banyak kemunafikkan menodai agama, dan jika itu yang disebut lembaga yang dikehendaki Tuhan, maka maaflah, selamat tinggal agama..

Beralih ke pendidikan lagi, sedikit pencerahan dari blog sebelah mengenai penjurusan menurut versi romo mangun...

Saat ini penentuan jurusan dari anak-anak SMA ditentukan berdasarkan nilai kemampuan akademik dan IQ. Orang-orang dengan kemampuan IQ dan akademik tinggi akan dijuruskan ke jurusan ilmu alam / IPA... sedangkan siswa dengan kemampuan akademik rendah di masukkan jalur IPS... ironis kawan.. tahukah anda bahwa konsep ini merupakan tinggalan kolonial belanda.. dengan dimasukkannya oran-orang dengan kemampauan akademik tingi dan IQ tinggi maka orang-orang cerdas itu hanya akan mengurusi hal-hal teknis saja, mereka diciptakan untuk menjadi seorang peneliti, tukang komputer, teknisi mesin, dll dan bukan diarahkan untuk mengurusi hal-hal seperti ekonomi, politik, sosial,dll. Menurut romo mangun, seharusnya orang-orang dengan IQ tinggi dan nilai akademik tinggi justru dimasukkan ke jurusan IPS agar muncul para ekonom, politisi, pengacara, diplomat yang hebat-hebat... sekali lagi ini Indonesia.. :)

Kagum dengan konsep dan sumbangsih beliau mengenai pedidikan, hanya sepenggal cerita yang aku dapatkan dari orang lain, andai saja aku sudah donk ketika itu.. ketika masih SD aku sering mendengar mengenai beliua tapi baru sekarang aku sedikit mengerti tentang beliau... dunia dan Indonesia bangga terhadap anda, romo mangun ^^



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Belajar sedikit dari Romo Mangun..."

Poskan Komentar