Minggu, 15 Januari 2012

PKM

Tahun 2011... mungkin menjadi tahun yang sangat berharga.. ketika semua cita-cita dan secuil harapan menjadi sebuah kenyataan... Serangkaian kerja keras akhirnya berbuah manis.. bahkan lebih manis dari saya..wkwkwkwk...PD tenan dab... Aku ingin berbagi secuil kisah manis yang aku alami sekarang..

Awalnya saya bukanlah orang yang sangat suka menulis, pernah sih nulis di sebuah surat kabar di jogja dan diterbitkan tapi itu karna motivasi dari orang lain. Karenanya aku jadi belajar menulis. Karena suatu kejadian ia pergi, keinginan menulisku jadi hilang begitu saja.sirna tak berbekas. Aku kehilangan seorang motivator.
 
Singkat cerita aku lulus dari SMA dan sekarang ya kuliah di UNY, jurusan geografi... Bagi seorang mahasiswa baru aku tak kenal dengan yang namanya PKM? apa sih PKM itu? Awalnya aku hanya anggap lalu saja tentang PKM ini, apa sih untungnya? tetapi aku akhirnya mulai mengenal PKM dari penjelasan kakak kelasku kuliah. Aku pikir sepertinya menarik. Tapi tak begitu saja ku mampu menumbuhkan kembali minat menulisku kalau tak ada kawan-kawan disekitarku, Sapta Suhardono dan M. Rizky Dewantara.. (terimakasih kawan ^^ ) kalau bukan karena mereka aku mungkin tak pernah mau menulis lagi dan tak produktif. Mereka yang istilahnya selalu "ngoyak-oyak" saya untuk menulis lagi.


Dan akhirnya akupun mulai menyusun PKM... dengan judul "Mitigation Soundtrack" sebagai media inovatif pendidikan mitigasi bencana alam pada anak sekolah dasar. Intinya dalam PKM itu aku  mempunyai konsep untuk membuat lagu anak-anak yang ku gubah menjadi lagu yang berisikan materi mitigasi bencana alam. Kenapa sasarannya anak SD?? karena pendidkan mitigasi bencana itu harus dilakukan sejak dini. Dan kenapa harus lagu?? Karena pendidikan mitigasi bencana saat ini hanya dilakukan melalui ceramah, seminar, penjelasan tertulis, itu kan rasanya terlalu berat bagi anak SD? makannya aku coba untuk membuat lagu itu. Selain karena itu, beberapa sumber menyatakan bahwa lagu lebih mudah diingat daripada hanya tulisan belaka.. itulah konsepku :) sederhana bukan?? Sedikit tips, membuat PKM itu gaksah pake konsep yang muluk-muluk tapi jelas dan tepat nilai gunanya...

Singkat cerita PKM ku aku kumpulkan ke fakultas, diambang batas pengumpulan PKM. dari situ ada sedikit hal yang harus dibenahi yaitu mengenai anggota. Anggota disarankan untuk dari angkatan yang berbeda agar ada regenerasi, dan menambah nilai. Setelah aku benahi akhirnya PKM ku aku kumpulkan dan ternyata lolos untuk dikirim ke Dikti. Satu langkah tercapai...

Beberapa waktu berlalu.. Di grup FB kelas saya ada yang posting begini "Selamat kepada kelompok mas thomas dannar sulistyo dan mbak anggi tyas pramudita yang PKM-nya lolos dan didanai Dikti..wahahaha.. betapa girangnya hatiku mendengar hal itu karena hal itu baru terjadi beberapa waktu lalu.
Tapi setelah pengumuman ini satu pertanyaan terlintas dibenakku. Bagaimana merealisasikan PKM itu?? tengtong...badut kere... inilah yang masih membayang dibenakku hingga saat ini... tapi bagaimanapun juga PKM ini harus selesai dan berhasil.. 2 step telah dilalui step ke 3 yang harus dicapai adalahhh PIMNAS!! Semangat :)


Belajar..belajar..dan teruslah belajar....
Menulis..menulis..dan menulis..jadi orang yang produktif... ^_^


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 komentar: on "PKM"

Anestiya noble mengatakan...

semangat tHomas..untuk berkarya

RANGERMERAH mengatakan...

semangat... ajari aku mbak... :D

Poskan Komentar