Sabtu, 24 Maret 2012

Geografi adalah...

Singkat cerita saya mau jadi ragermerah yang belajar geografi maka saya awali dari ini....

Secara historis, ilmu geografi mulai dikembangkan di jaman yunani & Romawi kuno, bersanding dengan ilmu-ilmu lain yang sama-sama mempelajari bumi. Pada tahun 276-196 SM mulailah muncul istilah geografi yang pertama kali di kemukakan oleh
Erasthotenes. Sebuah karya yang dibuat oleh beliau bejudul Geographika. Secara harafiah kata geographika berasal dari kata geo (bumi) dan Graphien (gambaran atau uraian). Secara sederhana geografi berarti gambaran tentang bumi.

Berikut ini beberapa definisi tentang geografi :

No.
Definisi Geografi
Terjemahan bebas
Sumber
1.
Geography is concerned to provide an accurate, orderly, and rational description of the variabel character of the earth surface.
Geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi
R. Hartshorne, prespectives on the Nature of Geography, (London : Murray,1959), hal. 21.
2.
Its goal is nothing less than an understanding of the vast, interacting system comprising all humanity and its natural environtment on the surface of the earth.
Tujuannya tidak lain adalah suatu pengertian tentang sistem yang berinteraksi cepat yang mencakup semua budaya manusia dan lingkungan alamiahnya di permukaan bumi.
E. A. ackerman, annals of the association of american geographers, Vol. 53 (1963), Hal. 425.
3.
Geography seeks to explain how the subsystem of the physical environtment are organized on the earth’s surface, and how man distributes himself over the earth in relation to physical features an to other men.
Geografi mencari penjelasan bagaimana tatalaku subsistem lingkungan fisikal di permukaan bumi dan bagaiman manusia menyebarkan dirinya sendiri di permukaan bumi dalam kaitannya dengan faktor fisikal lingkungan dan dengan manusia lain.
Ad. Hoc Commite on Geography, The Science of Geography (washington: academy of science, 1965) hal. 1.
4.
Geography is concerned with giving man an orderly description of his world…(however) the contemporary stress is on geography as the study of spatial organization expressed  as patterns and processes.
Geografi berkepentingan memberikan kepada manusia deskripsi yang teretur tentang bumi…(bagaimanapun juga) penekanan muthakirnya diutamakan pada geografi sebagai studi mengenai organisasi keruangan yang dinyatakan sebagai pola-pola dan proses-proses.
E.J. Taafe, ed., Geography (Englewood cliffs, NJ.: Prentice Hall, 1970) Hal. 1.
5.
Geography… a science concerned with the rational development, and location of various characteristic on the surface of the earth.
Geografi… suatu ilmu yang memperhaikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat (yang beraneka ragam) di permukaan bumi.
M. yeates, introduction to quantitative analysis in economic geography, (Englewood cliffs, NJ.: Prentice Hall, 1968) hal. 1.
6.
It is relevant to note that geography enquires in recent years concern mainly with: (a) the ecological system and (b) the spatial system. The first related man to his environtment while the second deals with linkages between regions in a complex interchange of flows. In both system movements and contacs are of fundamental importance.
Adalah relevan untuk dicatat bahwa akhir-akhir ini perhatian geografi terutama terarah pada: (a) sistem ekologi dan (b) sistem keruangan. Yang tersebut pertama berkaitan dengan manusia dan lingkungannya sedang yang kedua berkaitan engan hubungan antara wilayah dalam huungan timbal balik yang kompleks dari gerakan pertukaran. Dalam kedua sistem tersebut gerakan dan kontak merupakan masalah dasar utama.
P. Haggett, location analysis in human geography (London: Arnold, 1965) hal. 2.





Menurut para ahli:

1.      Bentang alam muka bumi (ROGER MINSHULL)
2.      Tempat di muka bumi (JAMES, LUKERMAN)
3.      Ruang, khusus pada permukaan bumi (KANT)
4.      Efek parsial lingkungan  alami atas manusia , Ekologi manusia (HOUSTON, MARTIN)
5.      Lokasi, distribusi,  saling bergantung dan interaksi dalam keteraturan (LUKERMAN)
6.      Kombinasi fenomena di muka bumi  Pola kovariasi kedaerahan (LEWTHWAITE)
7.      Sistem manusia-bumi (BERRY)
8.      Hubungan dan pengaruh timbal balik dalam ekosistem (MORGAN & MOSS)
9.      Diferensiasi areal fenomena yang bertalian dimuka bumi dalam arti pentingnya bagi manusia (HARTSHORNE)


Saya ambil dari bukunya pak bintarto dan buku filsafat geografi...

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Geografi adalah..."

Posting Komentar