Senin, 26 Maret 2012

Konsep tuhan (Hukum Cinta Kasih)

Perumpamaan Yesus tentang orang Samaria yang baik hati...

Lukas 28 : 10-37
Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?" Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup." Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?" Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Ehemmm..bukannya saya sok suci, saya sok menggurui dan saya sok agamis. tapi sadarkah teman-teman, saat ini banyak sekali terjadi konflik-konflik, kepedulian sosial yang mulai berkurang, sikap-sikap menghargai  dan toleransi yang sudah mulai luntur,dll.

Apa sih sebab semua itu?? Apa yang membuat terjadinya konflik berkepanjangan antar suku, ras dan agama?? 

Mari kita telusuri hingga akar masalahnya...apa ya kira-kira??

Kalau menurut saya sih akar masalahnya adalah kita sudah melupakan sebuah hukum yang sempurna, hukum yang diciptakan oleh Tuhan yang maha esa yaitu HUKUM CINTAKASIH... "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

 

Coba deh teman-teman lihat tulisan yang saya bold merah. Saya sempat berfikir, andaikan konsep hukum cinta kasih ini dipahami dan diterapkan oleh setiap manusia tanpa terkecuali, apa yang akan terjadi?? Sebuah negeri yang aman tenteram dan sentosa. Layaknya sebuah negeri dongeng.... Tapi memang sepertinya   negeri dongeng itu memang benar-benar sebuah dongeng. Saya sampai judeg melihat berbagai permasalahan sosial yang ada disekitar kita. Andaikan saja konsep tuhan tentang hukum cintakasih ini diterapkan, yang ada adalah PERDAMAIAN.


Analoginya adalah seperti ini, kita setiap manusia tanpa terkecuali harus memberikan sesuatu yang positif kepada orang lain, ketika kita memberikan sesuatu hal yang positif kepada orang lain secara terus menerus maka orang lain itu juga akan memberikan suatu respon yang positif pula. Disinilah akan muncul suatu harmoni yang sangat ideal.. Hanya manusia yang bukan manusia yang akan memberikan suatu respon negatif bila dia diberi hal positif.. Yah kembali lagi, itu berbicara tentang sesuatu yang ideal.. Andaikan hukum cintakasih ini dipahami dan diterapkan oleh setiap manusia tanpa terkecuali, maka akan tercipta.... PERDAMAIAN. bukankan itu yang kita cari selama ini? mari berbagi hal positif... ^^

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Konsep tuhan (Hukum Cinta Kasih)"

Poskan Komentar